Jenis Bus

Kenali Perbedaan Jenis Jenis Bus Sebelum Memesan

Jenis Bus buat pariwisata semakin banyak macemnya yang di keluarkan oleh masing masing perusahaan karoseri yang ada di indonesia.


Bisnis Karoseri Bus saat ini sudah sangat banyak dan menjamur. Namun sebelum kita melangkah lebih jauh membahas tentang karoseri bus, kita harus tau dulu apa itu karoseri agar nantinya kamu lebih paham dengan pembahasan kita kali ini.


Perusahaan karoseri adalah perusahaan yang merancang dan membuat body pada kendaraan bus, Isuzu Elf dan lain – lain.


Jadi kalau kita membeli sebuah bus itu tidak langsung jadi, kita harus lebih dulu membeli chassisnya dan kita masukkan ke perusahaan karoseri untuk dibuatkan body bus serta perlengkapannya.


Proses pengerjaan karoseri biasanya kurang lebih 2-3 bulan. Karoseri sendiri menciptakan berbagai model dengan ciri khas dan nama sendiri-sendiri.


Pada umumnya saat ini lebih dikenal dengan jenis double glass atau hick deck. Nah untuk lebih jelasnya, mari kita bahas perbedaan jenis bus pariwisata ,apa itu bus shd, bus hdd, bus hd, dan bus standart


Bus SHD

SHD merupakan singkatan dari Super High Deck, dari namanya saja, bus SHD sudah dikenali sebagai model bus yang punya ketinggian dek yang lebih dari biasanya.


Tidak salah, bus ini memang dirancang sedemikian rupa dengan dek yang berukuran lebih tinggi dari bus standar untuk dapat menampung lebih banyak penumpang dan barang.


Maka tidak heran jika model bus ini sekarang sangat digandrungi oleh pelaku jasa transportasi umum dan diandalkan sebagai moda transportasi antar kota bahkan antar pulau. Menyoal keistimewaah bus SHD tentu jawabannya akan cukup banyak.


Keistimewaan yang pertama adalah desain lantai kabin penumpang dengan ketinggian yang melebihi rata-rata.


Desain khusus ini memungkinkan penumpang serta pengendara bus untuk menikmati pemandangan secara lebih lega dan leluasa selama perjalanan.


Hal ini tentu menyenangkan sebab penumpang juga akan merasa lebih nyaman ketika berada di dalam bus.


Desain inilah yang tidak lain menjadi alasan bus SHD kerap dipilih untuk digunakan sebagai bus eksekutif apalagi dengan ditunjang sejumlah fitur keamanan dan hiburan yang paling canggih.


Bus SHD mempunyai lebar 2.500 mm, tinggi 2.820 mm dan panjang 12.800 mm. Dari ukuran ini dapat terlihat jelas bagaimana bus ini mempunyai body yang lebih panjang dibanding bus lain pada umumnya.


Kaca bagian bawah diperuntukkan supir sedangkan kaca bagian atas diperuntukkan para penumpang agar dapat menikmati pemandangan yang luas selama dalam perjalanan.

Meskipun deknya terbilang tinggi namun bus Double Decker tetap mempunyai ukuran dek yang lebih tinggi.


Bus HDD

Nah selanjutnya adalah Jetbus HDD (High Deck Double Glass) yang menjadi pembanding dari Jetbus SHD.


Secara umum bentuk Jetbus HDD hampir sama / mirip dengan Jetbus SHD karena memang bentuknya diduplikat dari model tersebut.


Namun jika dilihat secara dimensi, ketinggian model Jetbus HDD hanya 3,7 m atau setara dengan model Jetbus HD sebelum ada trend double glass.


Perbedaan Bus HDD & SHD

1. Wiper

Untuk Jetbus SHD kedudukan wipernya ada di bawah, atau di atas bando. Sedangkan untuk Jetbus HDD kedudukan wipernya ada diatas.


Jumlah wiper Jetbus SHD terdiri dari 2 wiper, sedangkan untuk Jetbus HDD hanya 1 yang letaknya di tengah.


2. Bando / Topi / Sekat Kaca

Jetbus SHD dan Jetbus HDD keduanya menggunakan sekat kaca atau bando atau topi. Perbedaannya adalah ketebalan sekat kaca atau bando. Untuk Jetbus SHD ukurannya lebih tebal, sedangan Jetbus HDD lebih tipis.


3. Fender

Perbedaan selanjutnya adalah fender. Potongan fender Jetbus SHD lebih tebal, sedangkan Jetbus HDD lebih tipis. Fender adalah bagan penutup roda dibagian depan.


4. Body Belakang

Untuk Jetbus SHD jarak kaca belakang dengan kisi-kisi lubang sirkulasi udara ruang mesin cukup lebar. Sedangkan Jetbus HDD jarak kaca belakang dengan kisi-kisi lubang sirkulasi udara ruang mesin lebih tipis.


Bus Standart

Bus standart biasanya bisa kita temukan pada bus buatan sebelum 2009. Bus memiliki tinggi 3 meter hingga 3,3 meter dengan bagasi bawah yang tidak terlalu luas serta deck pengemudinya sama dengan deck penumpang.


Bus ini menggunakan 1 kaca karena pada waktu itu belum ada model bus yang kaca depannya menggunakan model 2 kaca.


Bus HD

HD merupakan singkatan dari High Deck, bukan ukuran sebuah video ya. Bus HD biasanya lebih tinggi 10-20 cm dari bus standart, serta ruang kemudi lebih rendah dari pada deck penumpang.


Sehingga penumpang bisa lebih leluasa melihat pandangan ke depan. Ukuran bagasi juga lebih luas pada Bus model ini. Nah, karoseri HD ini mulai ada pada tahun 2009 lalu.


Nah itulah jenis bus pariwisata yang perlu anda ketahui, mau liburan ke bali bersama rombongan?? jika membutuhkan jasa sewa bus pariwisata di bali bisa menghubungi kami chat by Whatsapp dengan nomor kontak yang telah di sediakan. terima kasih!!!